Vaksin Corona (Covid-19) Untuk Lansia

Vaksin Corona

Vaksin Corona (Covid-19) Untuk Lansia

Vaksin Corona (Covid-19) akan mulai diberikan kepada lansia mulai Senin (8/2/2021) di mana lansia lebih rentan terkena infeksi virus corona.

Vaksinasi lansia di atas 60 tahun dimulai dengan prioritas pertama adalah tenaga kesehatan, kemudian dilanjutkan kepada lansia yang bukan tenaga kesehatan.

Pemberian vaksin COVID-19 bagi tenaga kesehatan lanjut usia dapat melindungi dan memberikan rasa aman bagi seluruh tenaga kesehatan kita tanpa terkecuali.

Kelompok lanjut usia tetap akan mendapatkan vaksinasi dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari. Dosis pertama berfungsi untuk mengenalkan virus yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh sehingga vaksin dapat bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru.

Sedangkan vaksin dosis kedua berperan sebagai booster atau penambah kekuatan vaksin agar antibodi yang sudah terbentuk lebih kuat dan optimal.

Vaksin Corona

Sejalan dengan itu, pemerintah juga akan mulai memvaksinasi kategori tenaga non kesehatan. Sekitar 10% penduduk Indonesia berada pada kelompok lansia, dan 50% lebih kematian akibat Covid-19 terjadi pada kelompok ini.

Tahapan proses vaksin COVID-19:

  • Calon penerima vaksin COVID-19 akan mendapatkan SMS menjalani vaksinasi dari pemerintah melalui nomor PEDULI COVID.
  • Calon penerima vaksin COVID-19 akan diarahkan untuk melakukan registrasi ulang secara elektronik. Jika calon vaksin lansia tidak memiliki ponsel, datanya akan dikumpulkan oleh petugas setempat.
  • Lansia akan diberikan vaksin COVID-19 sebanyak 2 kali dengan selang waktu 28 hari. Pemberian dua dosis vaksin COVID-19 dimaksudkan agar kekebalan terhadap virus Corona bisa maksimal.

Pemberian vaksinasi pada lansia dapat menurunkan angka kematian dan juga menurunkan tekanan pada rumah sakit dengan harapan angka rawat inap dan rasio hunian tempat tidur dapat menurun.

Menjaga kondisi tubuh, dengan menjalani pola hidup sehat. jaga pola tidur, konsumsi makanan bergizi, olah raga, hindari stress. serta menghindari aktivitas yang membuat tubuh terlalu lelah, karena kita lebih mudah terserang penyakit pada kondisi tersebut. Jika diperlukan, kita juga bisa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin tertentu.

Dengan memanfaatkan teknologi kesehatan saat ini seperti + hubsehat, juga dapat menjadi hal terbaik untuk memantau kemajuan kesehatan, baik gula darah maupun tekanan darah, yang dapat dilakukan dari rumah dan di mana saja.

Sumber:

  • Kemenkes.go.id

Baca:  Protokol Kesehatan: Patuhi Guna Cegah Covid-19

Postingan Vaksin Corona (Covid-19) untuk Lansia muncul pertama kali di Healthy Hub.