Tes Cepat, Tes Usap & Vaksin Selama Ramadhan?

Olahraga

Tes Cepat, Tes Usap & Vaksin Selama Ramadhan?

Umat ​​Muslim di seluruh dunia berpuasa di bulan suci Ramadhan, dan Ramadhan ini juga merupakan tahun kedua bagi orang-orang untuk berpuasa di tengah pandemi Covid-19.

Namun meski tengah berpuasa, pencegahan dan penanganan Covid-19 tetap harus dilakukan mulai dari protokol kesehatan, vaksinasi, hingga penelusuran, pengujian, pengobatan (3T). Namun pertanyaannya, apakah kegiatan ini akan menjadi penghambat puasa bagi yang menjalankannya?

Dilansir dari cnbcindonesia.com Berdasarkan informasi Kementerian Kesehatan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) memutuskan Tes Usap dan Antigen Cepat tidak berbuka puasa. Bagi masyarakat yang ingin melakukan tes usap baik melalui hidung maupun tenggorokan tetap diperbolehkan.

Ketentuan ini tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 23 Tahun 2021 tentang Undang-Undang Uji Usap Deteksi Covid-19 Saat Puasa yang ditetapkan pada 7 April 2021.

"MUI sudah mengeluarkan fatwa bahwa tes usap maupun antigen tidak bisa membatalkan puasa. Karena itu, kegiatan ini tetap diperbolehkan," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam siaran resmi belum lama ini.

Selain tes usap, MUI juga menyatakan bahwa vaksinasi juga diperbolehkan selama puasa. Sejalan dengan fatwa tersebut, kegiatan vaksinasi masih terus dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Nadia mengatakan, secara teknis pelaksanaan vaksinasi di bulan Ramadhan sama dengan vaksinasi yang saat ini berjalan. Hanya saja waktunya diatur yaitu siang malam, selain itu penyuntikan juga harus melihat kondisi target.

“Kami melakukan proses vaksinasi pada siang hari, dan bisa juga pada malam hari asalkan tidak mengganggu ibadah di bulan Ramadhan ini. Kami mendorong kerjasama pengurus masjid dengan puskesmas dan aparat desa untuk tentukan jadwal vaksinasi, "kata Nadia.

Untuk vaksinasi, MUI telah mengeluarkan fatwa nomor 13 tahun 2021 tentang Undang-Undang Vaksinasi Covid-19 Saat Puasa. Fatwa tersebut menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat Islam yang berpuasa.

Olahraga

Menjaga kondisi tubuh selama puasa dengan menjalani pola hidup sehat. menjaga pola tidur, mengkonsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka puasa serta menghindari aktivitas yang membuat badan terlalu lelah, karena kita lebih mudah terserang penyakit pada kondisi tersebut. Jika diperlukan, kita juga bisa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin tertentu saat sahur dan berbuka puasa.

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1442 H

Sumber:

  • https://www.cnbcindonesia.com
  • Freepik.com

Baca:  Mengelola diabetes selama pandemi COVID-19

Pasca Tes Cepat, Tes Usap & Vaksin Selama Ramadhan? muncul pertama kali di HubSehat.