Mengelola diabetes selama pandemi COVID-19

Manfaat Medis

Mengelola diabetes selama pandemi COVID-19

Orang dengan diabetes (ODD) berisiko lebih tinggi terkena penyakit serius akibat virus Corona (COVID-19). Memahami risiko ini dan cara terbaik untuk menguranginya adalah kunci untuk memungkinkan pasien, perawat, dan profesional perawatan kesehatan membuat pilihan berdasarkan informasi tentang cara mengelola diabetes ODD selama pandemi COVID-19.

  • Bagaimana ODD dapat mengurangi risiko COVID-19?
  • Apa bukti kecemasan dan stres kesehatan terkait diabetes selama pandemi COVID-19?
  • Bagaimana cara terbaik ODD untuk mengatur sendiri kondisinya dalam konteks pandemi COVID-19?
  • Bagaimana perawatan rutin ODD dapat dikelola karena gangguan pada kesehatan dan layanan lainnya?

Mengurangi risiko COVID-19 pada Orang Dengan Diabetes

ODD disarankan untuk mengikuti pedoman umum tentang pengurangan risiko, termasuk jarak sosial dan mencuci tangan. Ada beberapa saran khusus untuk ODD. pentingnya kontrol glikemik yang baik selama pandemi COVID-19 dan pemantauan glukosa darah lebih sering serta mengambil vaksinasi influenza dan pneumonia dapat membantu mengurangi risiko dan keparahan infeksi.

Kecemasan kesehatan dan stres terkait diabetes selama pandemi COVID-19

Selain kekhawatiran menyeluruh tentang dampak isolasi sosial terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan selama pandemi COVID-19, ODD mungkin merasa sangat khawatir atau cemas selama ini. ODD lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental daripada populasi umum, termasuk kecemasan dan depresi.

Pendidikan mandiri / manajemen diabetes dalam konteks pandemi COVID-19

Manfaat MedisKarena sifat pandemi yang muncul, hanya ada sedikit informasi tentang alat manajemen mandiri atau pendidikan mandiri apa yang efektif dalam konteks spesifik COVID-19. Berbagai layanan online sedang diterapkan untuk ODD dengan tujuan mencegah penularan dari orang ke orang, termasuk video pendidikan dan e-book tentang swa-manajemen diabetes yang tersedia untuk umum melalui aplikasi seluler. Layanan dan sumber daya online ini telah memainkan peran yang luar biasa.

Perawatan jangka panjang kondisi selama keadaan darurat nasional menunjukkan peran pendidikan jarak jauh dan materi konsultasi untuk mengoptimalkan pengelolaan diri tidak memerlukan kontak tatap muka. Intervensi umumnya terbagi dalam empat kategori: pesan teks; aplikasi seluler; berbasis web atau komputer; swa-monitor glukosa darah.

Perawatan diabetes rutin dalam konteks pandemi saat ini

Keadaan darurat nasional, termasuk pandemi, mengganggu perawatan jangka panjang untuk kondisi tersebut. termasuk ketidakpastian tentang waktu yang tepat untuk memanggil paramedis, apa yang harus dilakukan jika layanan darurat kewalahan.

ODD dapat mengakses bantuan medis dari jarak jauh jika memungkinkan, dan untuk berbicara dengan profesional kesehatan untuk mempertimbangkan apakah janji dapat ditunda. Mereka mencatat bahwa pemeriksaan rutin, termasuk pemeriksaan diabetes tahunan, pemeriksaan mata, dan pemeriksaan rutin, tidak akan tersedia tetapi ODD dapat menjadwal ulang ketika semuanya kembali normal.

Manajemen ODD selama COVID-19

Panduan khusus untuk COVID-19, Penatalaksanaan obat merupakan masalah utama ODD saat tidak sehat.

  • Ikuti saran dari penyedia perawatan diabetes;
  • pemeriksaan gula darah lebih sering untuk orang yang rutin memeriksa gula darahnya di rumah (setiap 4 jam termasuk T1DM malam);
  • hubungi penyedia layanan kesehatan jika kadar gula darah tinggi
  • Waspadai tanda-tanda hiperglikemia bagi mereka yang tidak rutin menjalani tes di rumah dan hubungi penyedia layanan kesehatan jika mereka mengalami gejala;
  • tetap terhidrasi;
  • mencoba makan atau minum dengan karbohidrat untuk energi;
  • dapatkan bantuan medis sesegera mungkin jika Anda muntah atau tidak dapat menahan cairan.

Menjaga berat badan

Metode terbaik untuk memantau dan mengelola diabetes untuk ODD

Memanfaatkan teknologi kesehatan yang dikembangkan saat ini adalah cara terbaik untuk menguji kadar gula darah untuk ODD dengan alat pemeriksa gula darah (glukometer) yang dilengkapi dengan lancet, atau jarum kecil, dan strip tes. Pengukuran kadar gula darah glukometer dapat dilakukan dari rumah dan dimana saja semua hasil tes dan lab yang telah dilakukan dapat terekam dalam satu aplikasi + hub sehat sehingga dapat selalu memantau perkembangan dan grafik kapan dan dimana

Dengan menyimpan semua hasil tes dan lab di aplikasi + hubsehat, ODD akan dapat dengan cepat melakukan tindakan dan berkonsultasi dengan dokter pribadinya, atau jika diperlukan, ODD dapat menggunakan fitur second opinion ketika pasien atau keluarga tidak puas dan mendapat jawaban dan diagnosa yang tidak jelas, kurang meyakinkan, kurang dapat dipertanggungjawabkan, dan kurang dapat memuaskan rasa ingin tahu pasien dan keluarganya.

Aplikasi + hubsehat sebagai electronic medical record (EMR) memudahkan para penderita diabetes untuk memantau dan mengontrol kadar gula darah kapanpun dan dimanapun, hadir pada beberapa platform populer seperti Android, IOS dan berbasis WEB menjadi solusi dalam pengelolaan diabetes.

Baca:  Virus Corona (Covid-19) Menjadi "Wabah Diam"

Pos Mengelola diabetes selama pandemi COVID-19 muncul pertama kali di Healthy Hub.