Jadwal vaksinasi Covid-19 bagi warga Negara Indonesia

Vaksin Covid-19

Jadwal vaksinasi Covid-19 bagi warga Negara Indonesia

Road Map Yang di keluarkan pemerintah untuk program vaksinasi corona atau covid-19 memprioritaskan kepada 1,3 juta tenaga Kesehatan (Nakes).

Mengutip Kontan.co.id, Rabu (30/12), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Selasa (29/12) menegaskan, keputusan ini sesuai dengan rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan SAGE yang ada di bawah Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Setelah nakes, pemberian vaksin dilanjut dengan pekerja sektor publik, baru setelah itu masyarakat umum.

Berikut Rincian Jadwal penyuntikkan vaksin corona bagi masyarakat RI

Dirangkum dari data resmi Kemenkes, berikut jadwal vaksinasi corona bagi masyarakat RI di bagi 2 Gelombang:

  • Gelombang I: Periode vaksinasi Januari-April 2021

Petugas Kesehatan: Vaksinasi dilakukan untuk 1,3 juta tenaga kesehatan tersebar di 34 provinsi.

Petugas Publik: Vaksinasi dilakukan untuk petugas publik sebanyak 17,4 juta orang.

Lansia: Vaksinasi dilakukan untuk lansia sebanyak 21,5 juta orang. Namun, bagi lansia usia 60 tahun ke atas akan divaksinasi setelah mendapatkan informasi keamanan vaksin untuk kelompok umur tersebut (misal tertuang EUA/data hasil uji klinis tahap 3).

  • Gelombang II: Periode vaksinasi April 2021 – Maret 2022

Masyarakat rentan: Masyarakat di daerah dengan risiko penularan tinggi sebanyak 63,9 juta orang.

Masyarakat lainnya: Dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin sebanyak 77,4 juta orang.

Vaksin Covid-19

Source: Background vector created by freepik – www.freepik.com

Dikutip Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia akan memulai program vaksinasi virus corona (Covid-19) pada Rabu (13/1/2021), untuk memutus pandemi virus corona.

Orang yang paling pertama disuntik vaksin virus corona (Covid-19) adalah Presiden Jokowi. Suntikan kepada kepala negara untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat Indonesia sekaligus menjadi tanda vaksinasi dimulai.

Setelah presiden, maka kelompok yang mendapatkan vaksin virus corona adalah tenaga kesehatan. Suntikan vaksin akan dilakukan sebanyak dua kali, dengan rentangĀ  waktu sekitar 2- 3 minggu.

Berdasarkan hasil wawancara Bisnis pada beberapa relawan vaksin virus corona, ada beberapa efek samping yang dirasakan oleh para relawan

  1. Mengantuk
  2. Lemas, merasa capek, tetapi hanya bersifat sementara saja usai divaksin.
  3. Hingga merasa cepat lapar.

Efek samping tersebut akan hilang dalam beberapa saat, sehingga orang-orang yang divaksin bisa kembali melakukan rutinitas sehari-hari.

Penting diketahui, bahwa suntikan vaksin virus corona dilakukan sebanyak 2 kali, agar vaksin bisa berfungsi dengan efektif. Adapun efek samping yang ditimbulkan pada suntikan kedua, hampir mirip dengan efek samping yang muncul saat suntikanĀ  kedua.

Mengutip dari situs resmi CDC, Selasa (12/1/2021), butuh waktu bagi tubuh Anda untuk membangun perlindungan setelah vaksinasi apa pun. Vaksin virus corona (Covid-19) yang membutuhkan 2 suntikan mungkin tidak melindungi Anda sampai satu atau dua minggu setelah suntikan kedua.

Setelah mendapatkan vaksin virus Corona, maka penting bagi semua orang untuk terus menggunakan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Vaksin bertujuan untuk menghentikan pandemi virus corona, tetapi ingat selalu untuk menghindari keramaian dan sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun, atau menggunakan hand sanitizer.

Source:

  • Bisnis.com
  • Kontan.co.id

The post Jadwal vaksinasi Covid-19 bagi warga Negara Indonesia appeared first on HubSehat.

Baca:  Perbedaan antara Tes Swab dan Tes Cepat