Fakta Vaksin Covid-19 Yang Perlu Di Ketahui

Jadwal vaksinasi

Fakta Vaksin Covid-19 Yang Perlu Di Ketahui

Vaksin COVID-19 Yang sudah tiba di Indonesia dan telah dilaksanakan pada hari rabu (13/1/2021) memunculkan berbagai isu yang membuat masyarakat ragu tentang keamanan dan kehalalannya.

Banyaknya orang yang belum memahami mengenai proses distribusinya juga membuat banyak orang mudah termakan isu, simak fakta vaksin COVID-19 berikut ini.

Fakta Penting Vaksin COVID-19

  • Vaksin COVID-19 telah uji klinis BPOM dan dapat sertifikasi Halal MUI

Mengenai kandungannya, vaksin COVID-19 buatan Sinovac mengandung virus yang sudah dimatikan (inactivated virus), bukan virus yang hidup maupun dilemahkan. Vaksin ini pun tidak mengandung boraks, formalin, merkuri, dan pengawet serta telah di uji klinis dan evaluasi dari BPOM Telebih dahulu.

Isu bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan vaksin COVID-19 mengandung bahan yang tidak halal merupakan informasi yang telah dipastikan salah. MUI telah mengeluarkan Fatwa Halal atas vaksi covid-19 produksi sinovac dan Bio Farma.

  • Vaksin COVID-19 yang akan diedarkan bukan untuk uji klinis

Beredar informasi di masyarakat yang menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 yang akan digunakan dalam program vaksinasi hanyalah untuk uji klinis. Faktanya, vaksin ini bukanlah untuk uji klinis dan telah memperoleh izin penggunaan dari BPOM.

Kemasan vaksin Sinovac yang bernama Corovac untuk uji klinis menggunakan kemasan pre-filled syringe atau suntikan, di mana vaksin dan jarum suntik ada dalam satu kemasan.

Sedangkan vaksin yang akan didistribusikan oleh pemerintah dikemas dalam bentuk vial single dose (botol kaca), tanpa penandaan “only for clinical trial”.

  • Vaksin COVID-19 tidak mengandung sel vero

Pemerintah telah mengklarifikasi bahwa vaksin COVID-19 buatan Sinovac tidak mengandung sel vero yang dikabarkan tidak halal. Sel vero hanya merupakan media kultur untuk tumbuh kembang virus sebagai bahan baku vaksin.

Setelah mendapatkan jumlah virus yang cukup, virus akan dipisahkan dari media pertumbuhan dan dimatikan untuk dijadikan vaksin. Jadi, sel vero tidak akan ikut terbawa dalam proses akhir pembuatan vaksin.

  • Distribusi vaksin COVID-19 akan rampung selama 15 bulan

Distribusi vaksin COVID-19 ke seluruh Indonesia dikabarkan butuh waktu 3,5 tahun. Fakta sebenarnya adalah waktu tersebut merupakan penyelesaian vaksinasi ke seluruh dunia, bukan untuk Indonesia.

Pemerintah menyatakan bahwa dibutuhkan waktu selama 15 bulan untuk merampungkan vaksinasi ke seluruh pelosok Indonesia, yaitu mulai dari Januari 2021 hingga Maret 2022.

  • Tahapan kelompok dan jadwal vaksin COVID-19

Ada beberapa kelompok yang diprioritaskan untuk menerima vaksin terlebih dahulu. Menurut WHO, petugas kesehatan, petugas publik, dan orang yang berisiko tinggi untuk tertular atau sakit parah akibat COVID-19, misalnya karena memiliki penyakit penyerta, merupakan kelompok prioritas.

Jadwal vaksinasi

Berikut adalah daftar kelompok penerima vaksin COVID-19 di Indonesia berserta tahapan pemberiannya:
  • Periode I (Januari–April 2021)

Tahap I, sebanyak 1,3 juta untuk tenaga kesehatan

Tahap II, sebanyak 17,4 juta untuk petugas publik yang tidak dapat menerapkan jaga jarak secara efektif dan sebanyak 21,5 juta untuk lansia (di atas umur 60 tahun)

  • Periode II (April 2021–Maret 2022)

Tahap III, sebanyak 63,9 juta untuk masyarakat dengan risiko penularan tinggi, baik dari segi tempat tinggal atau kelas ekonomi dan sosial

Tahap IV, sebanyak 77,4 juta kepada masyarakat umum dengan pendekatan kluster sesuai ketersediaan vaksin

Itulah berbagai fakta penting vaksin COVID-19 yang perlu kamu ketahui. Di era digital saat ini, informasi dapat menyebar dengan sangat cepat dan tanpa batas. Jadi, kamu perlu lebih waspada dan bijak dalam menyaring informasi, termasuk informasi tentang vaksin COVID-19.

Selain itu, perlu diingat bahwa vaksin adalah salah satu langkah pencegahan, bukan pengobatan. Jadi, meski akan menerima vaksin COVID-19, kamu tetap harus menerapkan protokol pencegahan COVID-19 lainnya, seperti rutin mencuci tangan, memakai masker, menerapkan physical distancing, dan menghindari keramaian.

 

Referensi dan Sumber:

  • Kementerian Kesehatan RI (2021). Disinformasi: Vaksin COVID-19 Buatan Sinovac Hanya untuk Uji Klinik dan Mengandung Sel Vero.
  • Kementerian Kesehatan RI (2021). Dimulai Januari, Berikut Jumlah Sasaran Vaksinasi COVID-19 di Indonesia.
  • Kementerian Kesehatan RI (2021). Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia Membutuhkan Waktu 15 Bulan.
  • Kementerian Kesehatan RI (2021). Pemerintah Pastikan Supply Vaksin COVID-19 Aman.
  • Kementerian Kesehatan RI (2021). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19.
  • Kementerian Kesehatan RI (2021). Vaksin COVID-19 Tiba di Tanah Air, Menkes: Pemerintah Hanya Menyediakan Vaksin Aman.
  • Kementerian Kesehatan RI (2021). 1,8 Juta Vaksin COVID-19 Tambahan Tiba di Tanah Air, Bukti Nyata Komitmen Pemerintah Lindungi Masyarakat.
  • Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (2020). [HOAKS] MUI Larang Gunakan
  • Alodok, jangan termakan isu ini fakta penting vaksin covid-19
  • MUI, komisi fatwa mui pusat menetapkan vaksin covid 19 produksi sinovac halal dan suci

Baca:  Mengelola diabetes selama pandemi COVID-19

The post Fakta Vaksin Covid-19 Yang Perlu Di Ketahui appeared first on HubSehat.